Contoh Paragraf isi
(Mengantarkan Konsep Comic Char Edu Sebagai Media
Pembelajaran MIPA)
Perancangan
Comics Char Edu sebagai media pembelajaran MIPA dilakukan dengan melalui
beberapa tahap (modifikasi dari Asri Budiningsih, 2003). Tahapan pertama yang
dilakukan yaitu tahapan pengidentifikasian target dan tahapan kedua adalah
pengidentifikasian warna. Pada kedua tahapan ini disesuaikan dengan selera
pembaca, dan dalam mengklasifikasikan selera pembaca dibedakan berdasarkan umur
pembaca. Tahapan selanjutnya adalah tahapan pembuatan skenario, meliputi tema,
alur, setting, jendela, halaman dan karakter tokoh. Comics Char Edu ini
merupakan sebuah komik yang digunakan sebagai media pembelajaran MIPA berbasis
bahasa daerah dan pendidikan karakter. Alur yang digunakan dalam Comics Char
Edu ini adalah alur maju dengan setting di lingkungan kehidupan sehari-hari
dan beberapa tempat yang dapat mengangkat unsur-unsur kebudayaan daerah
terkait. Tokoh utama dalam Comics Char Edu ini adalah Bujang yang
memiliki karakter sebagai pemecah masalah yang tengah terjadi dalam rangkaian
cerita. Tahapan selanjutnya yaitu tahapan pemilihan gaya bahasa yang juga
disesuaikan dengan umur pembaca, karena setiap pembaca memiliki daya serap dan
intelektualitas yang berbeda-beda. Tahapan terakhir yaitu tahapan pengaturan
unsur visual yang meliputi pemilihan huruf, bentuk dan garis, keseimbangan,
kesatuan, penekanan dan layout.Gambaran komik ini terlampir dalam
lampiran 1, dan 2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar